About Airlangga Photography Society

SEJARAH KAMI

Airlangga Photography Society atau yang biasa disingkat APS merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa Universitas Airlangga yang bergerak dalam bidang fotografi. APS didirikan di Surabaya pada hari Selasa tanggal 21 Oktober dengan surat keputusan Rektor UNAIR No: 9952 / JO 3 / KM / 1996. Sekretariat APS berada di Gedung Ex Rektorat Lt2 Kampus B UNAIR.

Komunitas fotografi mahasiswa Universitas Airlangga atau yang biasa disebut APS (Airlangga Photography Society) berdiri pada tanggal 21 Oktober 1996 di Surabaya. Dua orang pendiri komunitas ini adalah :

  1. Riyanto dari FK Unair (kontributor National Geography dan dokter di Papua)
  2. Yuyung Abdi dari F.MIPA Unair (redaktur foto Jawa Pos)

Pada awalnya nama resmi dari komunitas ini adalah UKM Fotografi dan didalamnya terdapat kelompok kecil yang bernama sinematografi. Namun seiring dengan perkembangannya, sinematografi menjadi UKM tersendiri dan UKM Fotografi lebih sering disebut sebagai APS (Airlangga Photography Society). Nama “APS” mulai dipakai pada tahun 200 hingga sekarang.

Markas awal dari komunitas ini bertempat di Studio Foto BIG krukah. Karena pada awal berdirinya komunitas ini, UNAIR belum menyediakan tempat khusus bagi komunitas . Ditahun 2001, APS mulai masuk dan bermarkas di dalam UNAIR lebih tepatnya  di depan Fakultas Psikologi dan GSG. Karena tempat ini bukanlah markas yang resmi sehingga pada tahun 2002, sekretariat berpindah tempat tepatnya menumpang di sekre Menwa. Akhirnya sekarang, kami mempunyai  sekretariat resmi  bertempat di Gedung Ex-Rektorat Unair Lt. 2 Jl. Airlangga 6-8 Surabaya. (namun ada beberapa desas-desus bahwa akan dipindahkan lagi ke kampus C. ).